22 Februari 2008

Berbagi Info Ebooks (1)

Sudah lama kulupakan tentang nilai. IPku kembali mengingatkan aku. Sialan banget. Tapi, lumayan lah, aku dapat IP 2,64. sedikit lebih baik dari IP semester kemaren, 1,98. Dari sekian banyak temen angkatanku yang tidak lulus mata kuliah Research on Linguistic (mata kuliah pokok sebagai prasyarat mengajukan judul skripsi), aku termasuk beruntung bisa lulus dengan nilai kebanggaan C+. Kebanyakan dapat nilai segitu. Yang mendapatkan nilai A dan B, bisa dihitung dengan jemari satu tangan.

Kali ini aku ingin berbagi info ebooks atau biasa dikenal dengan buku digital. Laiknya buku cetak yang berseliweran di toko-toko bekas murah kelas wahid (semacam shopping di Jogja dan Pasar Sriwijaya dan Wilis di Malang), kita bisa mendapatkan buku digital di beberapa situs di internet. Gratis.

Kadang, di beberapa situs, medapatkan buku gratis tidak mudah. Kadang masih perlu registrasi. Meski gratis, bagi para pengunjung, tentu masih merepotkan. Apalagi banyak situs, ujung-ujungnya tetap uang. Kalaupun registrasinya gratis, seringkali pungutan berada di akhir perkara, ketika kita akan mulai mengunduh data.

Selama perselancaranku di dunia maya jaringan internasional ini, kupaparkan beberapa situs yang cukup menarik untuk dikulik dan “dicuri” bukunya. Hehe

1. http://gutenberg.org

Di sini kita bisa mendapatkan ragam buku-buku asing dengan keragaman yang cukupan. Di sini, kita bisa mendapatkan buku dalam berbagai format, pdb, html, pdf dan teks. Kategori pun lumayan banyak, mulai seni, arsitektur, filsafat, kebahasaan, kesusasteraan, psikologi dan lain-lain (maaf, ingatanku tidak cukup tinggi untuk menyebutkannya satu persatu. Cukup mudah, tanpa registrasi. Catatan: tidak ada buku bahasa Indonesia di sini.

2. http://2020ok.com
Hampir sama dengan Gutenberg.com.

3. http://archive.org
Ini dia yang layak untuk diperhitungkan. Buku-buku digital disortir dari beberapa perpustakaan universitas ternama di Barat. Data buku dibentuk dalam format, pdf, teks, FTP dan lainnya (bingung gue).
Catatan: buku yang berbentuk PDF, disusun dari format gambar buku aslinya.

Ini masih belum seberapa dengan banyaknya situs buku digital gratis yang ada di dunia. Cukup ketikkan free download ebooks di mesin pencari, akan anda temukan ribuan situs yang menyediakan buku-buku digital gratis dengan segala persyaratannya.

Walau lagi-lagi, saya bingung, bagaimana cara mengutip data dari buku digital ini, apakah serupa dengan mengutip buku-buku cetak kebanyakan atau mengutipnya berdasarkan sistem referensi yang mengacu pada data internet online. Kalau ada yang mempunyai jawaban harap hubungi saya.

Read more/Selengkapnya...

  © Blogger template PingooIgloo by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP